Konsep Tabarru/Ta’awun/Tolong Menolong

Dalam konsep asuransi syariah, dikenal konsep tabarru/ta’awun/tolong menolong antar sesama anggota asuransi syariah.

Konsep sederhananya adalah sesama anggota mengumpulkan sejumlah dana yang diniatkan untuk saling menolong, apabila ada diantara anggota yang terkena musibah, baik sakit, kecelakaan ataupun meninggal dunia, maka dana tabarru ini yang akan dipakai untuk menolong yang terkena musibah, yang bisa digunakan untuk biaya pengobatan, uang duka ahli waris, dan sebagainya.

Dana tabarru juga bisa diibaratkan sebagai dana infaq/sadaqah, dimana sesama saling me-ridha-kan apabila diantara mereka ada yang terkena musibah,maka dana ini yang akan dipakai, begitu juga sebaliknya.

Maka dalam konsep asuransi terdapat sifat saling mensubsidi, saling tolong menolong. Ketika kita mendapatkan musibah maka kita mendapatkan bantuan tabbaru dari orang lain, begitu juga sebaliknya, ketika kita sehat pun kita telah memberikan bantuan tabarru kepada orang lain.

Maka disinilah terjadi nilai ibadah sekaligus nilai sosial, bahwa ada kesepakatan saling menanggung, saling menolong, saling peduli antara sesama anggota.

 

Sumber gambar dari sini

Adapun perusahaan asuransi, di sini berperan sebagai pengelola dana anggota kumpulan. Sebagai konsekuensi nya, perusahaan asuransi mendapatkan dana pengelola (fee) atau dikenal dengan konsep wakalaah bil ujrah.

Mengena konsep wakalah bil ujrah, klik disini.

 

 

 

Silahkan Mengisi Pesan Atau Pertanyaan. Cantumkan No Hp atau Alamat Email Anda Untuk Memudahkan Kami Menghubungi Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s