[INFO PENTING] Biaya Biaya Dalam Asuransi Syariah

Hal yang penting untuk diketahui ketika akan mengikuti asuransi adalah biaya biaya yanga ada di dalamnya. Hal ini penting diketahui apalagi Anda mengambil program asuransi Syariah, karena prinsip nya asuransi syariah harus transparan.

Berikut adalah biaya biaya yang perlu diketahui oleh para nasabah ketika akan mengambil program asuransi. Dalam hal ini yang akan dipaparkan adalah biaya yang ada dalam TAPRO Allianz Syariah.

 

BIAYA AKUISISI DAN PENGELOLAAN

Biaya akuisisi ini meliputi biaya biaya yang berhubungan dengan terbitnya polis nasabah, seperti biaya pemeriksaan kesehatan, pengadaan polis, pencetakan polis, biaya lapangan, biaya telekomunikasi, biaya remunerasi karyawan dan agen.

Biaya akuisisi berhubungan dengan alokasi investasi. Contoh : tahun pertama, biaya akuisisi 75 % berarti alokasi investasi nya 25 %. Tahun ke dua biaya akuisi nya 40 %, berarti alokasi investasinya sebesar 60%, dst seperti dalam tabel.

Perlu dicatat, bahwa alokasi investasi tersebut belum di potong biaya biaya lain yang akan di paparkan di penjelasan berikutnya.

biaya

Setelah tahun ke 6, tidak ada lagi biaya akuisisi yang dibebankan kepada nasabah TAPRO Allianz Syariah

 

BIAYA TABARRU

Biaya tabarru, adalah biaya taawuni atau tolong menolong yang DIAMBIL DARI SALDO INVESTASI. Biaya tabarru di potong tiap bulan, besarannya setiap orang berbeda beda, tergantung usia, besarnya manfaat asuransi, resiko pekerjaan dan juga riwayat kesehatan.

Makin tua usia seseorang, makin besar jumlah uang pertanggungan, makin lengkap manfaat yang diambil, makin beresiko pekerjaan, maka akan lebih tinggi juga biaya tabarru nya.

Apalagi apabila terkena kondisi substandar misalnya dikarenakan misalnya over weight, perokok, kondisi kesehatan, dsb hingga terkena extra premi, maka biaya tabarru nya akan lebih besar. 

Biaya tabarru terus dikenakan setiap bulan, selama polis Anda berjalan, dengan arti lain bahwa selama ada pemotongan dana tabarru -misalnya sedang cuti premi- maka manfaat polis Anda tetap berajalan.

Untuk mengetahui biaya tabarru 2 tahun pertama bisa dilihat di polis , dan untuk tahun selanjutnya akan ada pemberitahuan dari Allianz mengenai berapa biaya asuransi yang dikenakan, atau bisa ditanyakan kepada konsultan penjual asuransi Anda.

 

BIAYA PENGELOALAN INVESTASI 

Dalam mengelola investasi, maka perusahaan mengambil “upah” biaya pengelolaan dana investasi sebesar 2 % per tahun  dari saldo investasi, sebagai ujrah pengelolaan investasi.

 

BIAYA ADMINISTRASI

Untuk adminstrasi dikenakan biaya sebesar Rp 26.500/Bulan, hal ini berhubungan dengan administrasi polis, laporan, dsb.

 

BIAYA BIAYA YANG DIGRATISKAN

Untuk pengambilan dana, penutupan polis tidak dikenakan biaya (Gratis). Untuk pengalihan dana investasi (switching) gratis apabila dilakukan maksimal 4 kali dalam satu tahun.

 


Demikian adalah biaya biaya yang kami sarankan perlu diketahui oleh setiap orang yang hendak berasuransi. Diharapkan baik nasabah atau agen mengetahui biaya biaya yang ada dalam sebuah perjanjian asuransi, agar tidak terjadi kesalah fahaman mengenai saldo investasi yang kecil ketika membeli polis asuransi unit link.

Karena hal yang perlu di luruskan adalah, bahwa tujuan utama dari berasuransi adalah untuk mendapatkan proteksi, tujuan utamanya bukan di investasi.

Semoga Bermanfaat …

 

 

Advertisements

One thought on “[INFO PENTING] Biaya Biaya Dalam Asuransi Syariah

Silahkan Mengisi Pesan Atau Pertanyaan. Cantumkan No Hp atau Alamat Email Anda Untuk Memudahkan Kami Menghubungi Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s