PENTING !! Inilah 11 Penyebab Klaim Anda Ditolak

Hal yang pasti sangat membuat kesal seseorang pemegang polis asuransi  adalah ketika klaim asuransi nya tidak di bayar. Setuju kan ?

Sebuah kewajaran bila seorang nasabah asuransi yang telah lama membayar asuransi dan mengeluarkan sejumlah dana, kemudian klaim nya di tolak. Anda tidak ingin hal itu terajadi bukan ?

Nah, berikut adalah 11 penyebab klaim di tolak. Yuks kita pelajari agar kita lebih bisa lebih teratur dan hati hati dalam menjaga polis asuransi kita, agar MANFAATNYA benar benar terasa  saat DIBUTUHKAN .

Nah berikut adalah beberapa penyebab  klaim tidak di bayar, dalam hal ini kami akan membahas yang berkaitan dengan TAPRO di ALLIANZ :

File-a-Renter's-Insurance-Claim-Step-2

Sumber Gambar : Disini

  1. Polis Anda Tidak Aktif

Polis anda tidak aktif, atau dalam bahasa asuransi nya di sebut dengan lapse.  Penyebab lapse bisa di sebabkan oleh beberapa hal, salah satuny adalah anda telat membayar polis lebih dari 30 hari as di 2 tahun pertama polis Anda atau saldo investasi Anda habis sehingga tidak bisa menutupi biaya asuransi (biaya tabarru) yang dibutuhkan.

2. Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Untuk melakukan klaim, Anda perlu melengkapi dengan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya untuk klaim yang berhubungan dengan kesehatan, maka dokumen yang dibutuhkan adalah formulir pengajuan klaim, pemaparan medik dokter, hasil lab, dsb. Di Allianz persyaratan klaim dan form form nya sudah bisa di download melalui internet.

3. Jenis Penyakit Yang Diklaimkan Tidak Termasuk Dalam Manfaat Asuransi

Dalam polis asuransi, atau dalam proposal yang disajikan seorang agen, ada jenis jenis penyakit juga kondisi kondisi penyakit yang termasuk dalam pengcoveran asuransi. Apabila mengidap penyakit yang tidak termasuk dalam list pengcoveran maka klaim Anda tidak akan dibayarkan. Untuk itu disarankan untuk mengetahui jenis jenis penyakit yang dalam pengcoveran.

4. Penyakit Yang Diklaimkan Masuk Kategori Pengecualian

Ada dua hal dalam pengecualian :

  • Pengecualian yang berlaku untuk semua polis dan nasabah, misalnya untuk TAPRO ALLIANZ SYARIAH, tidak mengcover penyakit HIV/AIDS juga tidak mengcover hal hal akibat dari BUNUH DIRI.
  • Pengecualian yang sifatnya individu, misalnya nasabah sebelum bergabung asuransi telah memiliki riwayat sakit, misalnya Asma. Kemudian penyakit asma yang ditolak pengcoverannya (penyakit asma tersebut tidak di cover), maka penyakit tersebut tidak bisa di kliamkan ke Asuransi.

 

5. Nasabah Tidak Jujur Mengenai Kondisi Kesehatan Ketika Pendaftaran

Prinsip berasuransi adalah Utmost Good Faith, niat baik dari semua pihak dalam perjanjian asuransi. Ketika mengisi polis asuransi, nasabah harus jujur dalam mencantumkan kondisi kesehatan, jenis pekerjaan, hobi berbahaya apabila ada saat pengisian. Misalnya pernah mengidap penyakit darah tinggi atau diabetes, maka harus di cantukan di aplikasi saat pertama kali. Apabila terbukti nasabah tidak jujur mengenai kondisi penyakit sebelumnya, maka klaim asuransi bisa di tolak.

6. Klaim Diajukan Dalam Masa Tunggu

Untuk manfaat tertentu, seperti sakit kritis dan rawat inap, ada masa tunggu untuk manfaat aktif. Misalnya untuk penyakit kritis ada masa tunggu 90 hari dari tanggal pertama polis aktif, untuk rawat inap rumah sakit ada masa tunggu 30 hari dari tanggal pertama polis aktif.

7. Penyakit sudah ada sebelumnya (Pre-Existing Condition)

Asuransi tidak mengcover penyakit yang telah ada sebelum nasabah mendaftar asuransi.  Jika terbukti bahwa penyakit yang anda derita terjadi sebelum pendaftaran asuransi, maka klaim Anda tidak akan dibayarkan. Kecuali penyakit tersebut telah di paparkan ketika pendaftaran asuransi, kemudian di setujui oleh perusahaan, dan telah dibayarkan extra preminya.

8. Saldo Invstasi Tidak Cukup

Apabila saldo investasi sudah tidak  mencukupi untuk biaya biaya asuransi per bulan, maka manfaat asuransi berakhir.

9. Terlibat Dalam Krimimal, Penggunaan Narkoba dan Alkohol

Apabila klaim yang diajukan terjadi akibat dari penggunaan narkoba dan obat obatan terlarang, atau klaim yang diajukan terjadi saat melakukan tindakan kriminal maka klaim tidak akan dibayarkan.

10. Terlibat Dalam Kegiatan Olah Raga Berbahaya

Kecelakaan atau penyakit yang terjadi akibat dari kegiatan olah raga/hobi yang berbahaya tidak akan dibayar, misalnya balap motor, balap mobil, mendaki gunung, tinju, gulat, terbang layang dan juga olahraga berbahaya lainnya. Kecuali telah dikemukakan sebelumnya, kemudian telah mendapatkan persetujuan dari allianz dan telah dipenuhi kewajiban extra preminya

11. Menaiki Pesawat Yang Tidak Berjadwal

Apabila terjadi kecelakaan pada penerbarangan yang tidak berjadwal, non komersil, tidak resmi dan tidak berlisensi maka klaim tidak akan dibayar.


 

Nah demikian adalah 11 hal yang bisa menyebabkan klaim Anda tidak dibayarkan oleh pihak asuransi. Untuk itu kami sangat menyarankan untuk memperhatikan polis Anda dengan cermat dari mulai proses pendaftaran hingga pembayaran rutinan selanjutnya. 

Semoga menajdi manfaat untuk Anda, keluarga dan orang orang tercinta di sekitar Anda. Dan pastikan bahwa semua polis asuransi Anda benar benar mengikuti prosedur dan perjanjian yang berlaku. Agar polis anda BENAR BENAR BERMANFAAT SAAT DIBUTUHKAN untuk Anda dan KELUARGA.

 

P.s : Ayokss konsultasi mengenai KEBUTUHAN  asuransi keluarga Anda. Hubungi kami SEGERA di 081320671151. Kami BANTU kebutuhan asuransi keluarga Anda.

Semoga Bermanfaat Yaa… 

Nuriska Fahmiany RFP ®

Sahabat Asuransi Keluarga Anda

081320671151

berkahberasuransi@gmail.com

 

 

Advertisements

Silahkan Mengisi Pesan Atau Pertanyaan. Cantumkan No Hp atau Alamat Email Anda Untuk Memudahkan Kami Menghubungi Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s