JANGAN MENJADI GENERASI SANDWICH [BAGIAN 2]

Lalu Bagaimana Agar Kita  Tidak Menjadi GENERASI SANDWICH

Solusinya adalah dengan PERENCANAAN DAN PENGATURAN KEUANGAN YANG BAIK. Semuda mungkin kita sudah membekali diri kita tentang ilmu ilmu perencanaan keuangan. Bagaimana mempersiapkan program proteksi untuk masing masing anggota keluarga, dengan prioritas utama adalah suami dan istri, dan berlanjut pada anak anak.

Bagaimana menyeimbangkan antara kebutuhan PROTEKSI juga TABUNGAN, menentukan prioritas keuangan yang termasuk pada kebutuhan premier, sekunder dan tersier.Karena banyak keluarga yang terlalu fokus pada keinginan untuk berinvestasi, namun mengabaikan mengenai proteksi atau asuransi. Padahal dalam ilmu perencanaan keuangan, asuransi adalah kebutuhan primer seseorang bahkan sebuah keluarga.

Masing masing anggota keluarga sudah mempunyai pos masing masing, baik untuk PROTEKSI maupun TABUNGAN JANGKA PANJANG, walaupun sedikit harus segera dimulai. Karena PERENCANAAN KEUANGAN bukan tentang jumlah semata, namun tentang kebisaan, pembiasaan dan konsistensi.

Setelah orang tua mempunyai program PROTEKSI dan TABUNGAN JANGKA PANJANG, kemudian memberikan hal yang sama kepada anak anak, seraya memberikan pengajaran tentang bagaimana mengelola uang dan mengenai pentingnya kemandirian financial untuk jangka panjang, sehingga anak sedari dini mengetahui tentang apa yang akan di jalaninya di masa depan. Hingga setelah dewasa dia tidak lagi tergantung pada orang lain.

Nah..oleh karena itu, ayo mulai sekarang lihat lagi, bagaimana pengaturan keuangan kita dan keluarga. Apakah kita sudah memprioritaskan kebutuhan primer kita, atau justru kita malah terfokus pada kebutuhan sekunder. Apakah kita sudah menyiapkan kebutuhan jangka panjang, atau masih “terlena” dengan konsumsi masa kini, yang membiarkan uang masuk dan keluar begitu saja. Apakah masih mengaggap keuangan adalah hal yang tak usah diatur sedemikian rupa. Apakah masih menunda nunda perencanaan dan keungan yang tepat.

002_Senario_01C

Sumber Gambar Internet

Jangan menjadi generasi sandwich [ Bagian 1 ]

Advertisements

Silahkan Mengisi Pesan Atau Pertanyaan. Cantumkan No Hp atau Alamat Email Anda Untuk Memudahkan Kami Menghubungi Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s