Mengapa Kita Perlu Asuransi Jiwa

Harus ada alasan yang kuat ketika kita memutuskan ikut suatu program atau membeli sesuatu produk, termasuk ketika kita mengambil asuransi. Nah kali ini kita akan membahas alasan kenapa seseorang membutuhkan asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah asuransi yang manfaatnya, dimana ahli waris  mendapatkan sejumlah Uang Pertanggungan (UP)/warisan ketika tertanggung (peserta yang diasuransikan) meninggal dunia.

Kemudian pertanyaan nya, kenapa kita butuh asuransi jiwa ? Asuransi jiwa dibutuhkan oleh setiap keluarga, apalagi bagi seseorang yang sudah punya tanggungan. Misalnya seorang kepala keluarga/suami, yang mempunyai tanggungan istri dan anak anak. Seorang anak yang menjadi tulang punggung keluarganya, menanggung hidup orang tua dan saudara saudaranya. Bahkan seorang kakak yang harus menanggung hidup adik atau kemenakan kemenakan nya.

Ketika seseorang tulang punggung keluarga menjadi andalan, menjadi harapan, menjadi tumpuan sebuah keluarga meninggal dunia, dari sisi financial banyak yang tergantung padanya. Mulai dari biaya hidup keseharian, biaya rumah tangga, biaya pendidikan, biaya kesehatan, cicilan rumah/mobil, hutang/kewajiban ke pihak lain, dsb.

Lalu bagaiamanakah mereka memenuhi biaya hidupnya ketika tulang punggung keluarga sudah tidak ada? atau siapakah yang akan menanggung biaya hidup mereka?

Fungsi asuransi jiwa adalah untuk menolong sebuah keluarga dari sisi financial, ketika terjadi resiko kepada seseorang yang menjadi tulang punggung keluarga/seseorang yang mempunyai tanggungan dalam hidupnya.

Ada persepsi yang menyatakan bahwa mengambil asuransi jiwa, berarti menentang takdir, mendahului takdir, atau “sok tau” dengan ketentuan-Nya. Pernyataan seperti : “Bukan kah takdir atau kematian hanya Allah yang tau ?” atau pernyatan “Kita serahkan segalanya kepada Allah Swt saja”

Benarkah pernyataan seperti itu ? Saya pribadi setuju, bahwa takdir juga kematian adalah hanya Allah swt yang tau. Mengambil asuransi jiwa tidak ada hubungannya dengan takdir. Takdir Allah Swt tetap berjalan, baik kita mengambil asuransi ataupun tidak.

Asuransi jiwa merupakan sebuah bentuk ikhtiar agar keluarga kita yang ditinggalkan terbantu agar bisa tetap hidup layak, tidak berat dengan biaya hidup kini dan nanti, dan agar cita cira keluarga  masih bisa tercapai baik kita ada atau tiada.

foto dm

 

Advertisements

Silahkan Mengisi Pesan Atau Pertanyaan. Cantumkan No Hp atau Alamat Email Anda Untuk Memudahkan Kami Menghubungi Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s